Waspada 5 Benda Ini Sarang Kuman Kamar Hotel

Waspada! 5 Benda Ini Sarang Kuman Kamar Hotel

Sarang bakteri – Ketika Anda menginap di Hotel, pastinya sudah banyak orang sebelumnya yang menempati kamar Anda. Kemungkinan besar, tamu sebelumnya akan meninggalkan bakteri dan kuman pada kamar yang Anda tempati. Petugas kebersihan di Hotel pun pastinya tidak akan membersihkan seluruh benda di kamar secara rinci. Terlebih bila ada banyak kamar yang harus dibersihkan setiap harinya. Rata-rata petugas kebersihan Hotel hanya membersihkan kamar sekitar 30 menit, termasuk kamar mandinya.

Dengan demikian, ada baiknya apabila Anda menginap di Hotel perhatikanlah selalu kebersihan dengan tak melupakan mencuci tangan menggunakan sabun. Sebab bisa jadi, benda-benda yang Anda sentuh di kamar ternyata menjadi sarang bakteri dan kuman. Lalu apa saja benda-benda kamar hotel yang biasa dipenuhi kuman maupun bakteri?

Berikut ini 5 benda kamar hotel yang berdasarkan penelitian dicurigai menyimpan banyak kuman atau bakteri, meskipun secara mata normal tampak bersih.

  1. Remote AC dan TV
    Dapat dipastikan semua tamu yang pernah menempati kamar Anda tentu akan menggunakan fasilitas AC dan TV, sehingga remote AC dan TV bisa menjadi barang “jorok”. Sudah ratusan tangan menyentuh remote AC dan TV. Sangat jarang remote masuk pada daftar benda di kamar yang harus dibersihkan oleh petugas kebersihan Hotel.

    Pada tahun 2015, Jim Inglis – Valencia College, menuturkan bahwa remote AC dan TV masuk daftar urutan pertama benda paling kotor di kamar setiap hotel. Hal tersebut senada juga dengan hasil temuan tim peneliti dari Universitas Houston, Universitas Purdue, dan Universitas South Carolina. Hasil penelitian tahun 2012 tersebut menyatakan remote AC dan TV adalah salah satu benda yang menjadi sarang bakteri dan kuman.

  2. Peralatan pembuat kopi
    Hotel biasanya menyediakan fasilitas peralatan untuk membuat kopi di setiap kamarnya. Sebaiknya segala peralatan pembuat kopi tersebut Anda bersihkan lebih dulu menggunakan disinfektan, seperti alat pemanas air yang umumnya diabaikan oleh petugas kebersihan. Penelitian telah menyebutkan bahwa peralatan untuk membuat kopi menjadi salah satu benda yang menjadi sarang bakteri dan kuman. Sangat tidak dianjurkan bila sekadar dilap menggunakan kain.
  3. Sakelar lampu
    Selain remote AC dan TV, benda lain di kamar yang juga menjadi sarang bakteri dan kuman ialah sakelar lampu. Menurut penelitian, disebutkan bahwa sakelar lampu di kebanyakan kamar Hotel terkontaminasi kuman dan bakteri dengan jumlah yang cukup banyak. Terlebih lagi sakelar lampu yang ada di toilet.
  4. Peralatan kebersihan
    Sebuah penelitian menyatakan bahwa troli peralatan kebersihan yang memuat beragam alat-alat kebersihan ternyata menyimpan kuman dan bakteri dengan jumlah banyak. Meskipun peralatan kebersihan tersebut tidak diletakan di kamar tetapi para petugas kebersihan yang masuk ke kamar setiap hari meningkatkan resiko perpindahan kuman maupun bakteri. Misalnya saja seperti ketika penggunaan alat pel, kain lap, dan sponge yang biasa digunakan untuk membersihkan banyak kamar. Dari satu kamar ke kamar lainnya, petugas kebersihan akan menggunakan alat yang sama hingga meningkatkan risiko perpindahan bakteri dan kuman dari satu kamar ke kamar yang lain.

Selimut tebal (Duvet) dan karpet
Saat seseorang  sedang tidur, tubuh mengeluarkan keringat, minyak maupun sel kulit mati, sebab itu benda-benda di tempat tidur biasanya menjadi sarang bakteri dan kuman. Sayangnya, duvet tidak termasuk barang di tempat tidur yang diganti setiap kali pergantian tamu hotel. Jadi sebaiknya letakan duvet di kursi dan jangan digunakan.

Begitu pula dengan karpet hotel yang menjadi tempat nyaman bagi bakteri dan kuman. Sebab itu gunakanlah selalu sandal yang disediakan Hotel. Petugas kebersihan biasanya hanya rutin mengganti sprei setiap kali tamu Hotel telah meninggalkan kamarnya. Namun ada banyak petugas hotel yang tidak sekaligus mengganti duvet dan karpet, karena untuk mencuci selimut tebal dan karpet bukanlah perkara mudah.