Tips dan Trik Lindungi Komputer dari Serangan Hacker

Hacker adalah momok paling berbahaya yang kapan saja bisa menyerang sistem kekebalan komputer Anda. Hacker selalu melakukan tindakan yang tidak menyenangkan karena mencoba untuk meretas data pribadi yang Anda miliki seperti informasi keuangan dan kata sandi media sosial yang Anda miliki. Untuk itu Anda perlu cara melindungi data komputer dari serangan hacker.

Cara melindungi data komputer dari serangan hacker dari Serangan Hacker

Berikut adalah beberapa cara melindungi data komputer dari serangan hacker yang bisa diaplikasikan:

  1. Lakukan upgrade secara teratur

Cara melindungi data komputer dari serangan hacker pertama adalah dengan melakukan pembaharuan berkala pada setiap software yang Anda pakai. Terutama Windows, Windows adalah software yang akan menutupi celah kemungkinan hacker memasuki komputer Anda. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga Windows dari serangan virus dan hacker untuk mengganggu sistem kerja komputer.

Selain windows beberapa software yang juga harus di perbarui secara berkala adalah anti-virus dan Anti-Spyware. Antivirus harus diperbaiki atau diperbaharui secara berkala agar kinerja komputer selalu baik. Anti-spyware berfungsi untuk menghindarkan komputer Anda dari software spyware yang memiliki banyak sekali celah untuk masuknya virus dari hacker dan dinilai sebagai aplikasi yang memang dirancang untuk berkumpulnya hacker dalam mencari mangsa baru. .

  1. Hindari Website hacker Controlled

Beberapa hacker juga menggunakan web-web untuk menebar berbagai macam virus yang mereka ciptakan. Untuk itu Anda juga harus waspada dalam membuka web yang mencurigakan. Web yang biasa digunakan hacker adalah situs porno dan game banyak sekali masyarakat yang membuka celah masukknya hacker dalam sebuah komputer berjaringan dengan membuka web mencurigakan.

  1. Firewall

Jika tidak memiliki firewall dari pihak ke tiga maka sangat dianjurkan harus menginstal software jenis ini. Software ini memiliki fungsi sebagai salah cara melindungi data komputer dari serangan hacker.

  1. Email spam

Email spam atau lampiran biasa muncul dibawah kolom pesan yang baru saja Anda terima. Untuk itu Anda harus menghindari membuka lampiran yang biasa ada di bawah email yang baru saja Anda terima. Lampiran ini biasa adalah jalan masuk yang dibuat oleh hacker yang apa bila di klik maka virus bisa saja langsung masuk ke komputer dan merusak file penting yang Anda miliki.

  1. Back up data

Back up data adalah sesuatu yang harus Anda lakukan pada semua data yang Anda anggap penting. Berbagai file penting bisa saja terhapus dalam waktu satu detik sehingga melakukan back up pada semua file penting Anda adalah hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Password yang unik

Password adalah bagian penting dalam mengakses sosial media. Untuk itu Anda harus menggunakan password yang rumit dan yang penting harus gampang diingat. Setidaknya ini bisa mencegah hacker untuk tidak membobol akun Anda

  1. Beralih ke Macintosh

Meskipun hampir tidak ada komputer yang bisa terhindar dari serangan malware namun Anda bisa menggunakan sistem Machintosh. Tidak banyak digunakan dan bisa Anda unduh secara gratis dan hacker biasa tidak menyerang sistem Machintosh sehingga ini bisa jadi cara melindungi data komputer dari serangan hacker yang baik.

Berbagai aplikasi bisa Anda pasang untuk melindungi komputer dari serangan hacker yang mungkin menginginkan berbagai informasi penting yang Anda miliki. Anda perlu menginstal scanner yang merupakan anti virus, aplikasi web yang berfungsi untuk memindai virus ketika Anda membuka suatu web dan lapisan pemantau yang akan membantu Anda memantau segala aktivitas berbahaya.