Honor 9 Lite masuk ke Indonesia, Ancaman bagi brand Xiaomi

Honor 9 Lite masuk ke Indonesia, Ancaman bagi brand Xiaomi

Pasar gadget di Indonesia adalah salah satu target market yang sangat potensial di Asia Tenggara. Selain memiliki penduduk yang banyak, kebutuhan akan teknologi khususnya smartphone memang tergolong sangat tinggi. Tak heran jika banyak brand berlomba memenangkan hati para pecinta gadget Indonesia.

 

Salah satu brand yang mampu memikat banyak pengguna smartphone Indonesia adalah Xiaomi. Brand asal Tiongkok ini memang memiliki pendekatan yang berbeda. Tanpa menggunakan iklan, toko offline ataupun sales, Xiaomi mampu menekan biaya produksi dan menjadikan Xiaomi memiliki hp dengan harga yang dibawah pasaran. Sedangkan mereka hanya mengandalkan kepuasan pelanggan, dengan harapan akan secara otomatis memberitahukan hp Xiaomi dari mulut ke mulut.

 

Cara ini terbilang sukses dan membuat brand-brand besar yang sudah lebih dulu berkecimbung di pasar Indonesia seperti Samsung dan Iphone menjadi ketar-ketir. Walaupun mereka berada di target market yang berbeda, tidak dipungkiri masuknya brand Xiaomi ke Indonesia memiliki dampak besar.

 

Honor 9 Lite masuk ke Indonesia, menantang Xiaomi

Tidak cukup hanya Xiaomi saja, pasar gadget Indonesia banyak diramaikan dengan brand-brand asal Tiongkok lainya, seperti Oppo, Vivo, Infinix dan masih banyak lagi. Namun baru baru ini ada brand lama namun masih terbilang baru masuk ke Indonesia yang cukup mencuri perhatian pecinta teknologi smartphone Indonesia. Yaitu Honor, mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar brand ini. Karena sebelum berdiri sendiri, perusahaan Honor sempat bekerja sama dengan brand Huawei untuk membuat beberapa seri Honor yang di pasarkan di Indonesia.

 

Di tahun 2018 ini Honor memutuskan mandiri, dan ikut meramaikan persaingan smartphone di pasar Indonesia. Di peluncuran perdananya Honor membawa beberapa tipe seperti Honor 9 Lite, Honor 7x dan View 10. Berbeda dengan Xiaomi, Honor menargetkan segmen bawah menengah hingga atas.

 

Salah satu tipe dari Honor yang menjadi buah bibir adalah Honor 9 Lite yang memiliki spesifikasi dan harga yang mirip dengan Redmi note 4 dari Xiaomi. Berikut adalah spesifikasi lengkap dan sedikit perbandingan antara Honor 9 Lite dan Xiaomi Redmi Note 4 :

 

  1. Layar

Honor 9 Lite menggusur layar 5.65 inch full HD dengan panel IPS dengan ratio 18:9, sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 mengusung layar 5.5 inch full HD dengan panel IPS dengan ratio 16:9. Di sektor layar sebenarnya kedua smartphone ini memiliki kualitas yang sama bagus, akan tetapi Honor 9 lite lebih sedikit unggul karena memiliki ratio layar 18:9 yang membuat tampilan lebih mewah dan kekinian.

 

  1. Dapur pacu

Ada yang unik pada prosesor smartphone Honor ini karena mereka menggunakan prosesor buatan Huawei yaitu HiSilicon Kirin 659 Octa Core dengan Ram 3GB dan internal sebesar 32GB. Sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan prosesor terlaris 2018, Snapdragon 625 dengan Ram 3GB dan internal sebesar 32GB, sekilas sangat mirip spesifikasi keduanya, namun setelah beberapa test antutu didapati Honor sedikit unggul performa dengan HiSilicon Kirinnya.

 

  1. Camera

Sektor camera memang sangat menarik untuk dibahas dari sebuah smartphone, kedua smartphone Honor dan Xiaomi sama-sama memiliki kamera belakang beresolusi 13MP F2.2. Sedangkan pada camera depan Honor menggunakan dual camera 13Mp dan 2Mp yang memiliki fitur bokeh, sedangkan Xiaomi menggunakan camera 5MP single tanpa flash.

 

Kesimpulannya kedua smartphone ini memiliki nilai lebih pada Price to Perfom. Harga dari Honor 9 lite sendiri 2.5 juta dan Redmi note 4 2.1 juta rupiah. Jadi menurut Anda apakah Honor 9 lite mampu mendobrak pasar Indonesia dan merebut tahta Xiaomi ??