Apakah Printer HP Anda Error, Ikuti Trik Mengatasinya

Apakah Printer HP Anda Error? Ikuti Trik Mengatasinya

Pada artikel kali ini, kita akan berbagi sedikit trik untuk mengatasi printer HP error dan rewel, dimana dia selalu menampilkan warning error pada layar display. Apalagi bila printer Anda adalah printer HP All in One (Scan, Copy, dan Print), maka artikel ini akan sangat membantu Anda.

Nah, ketika printer HP error tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya dan Anda bisa mencoba untuk mengatasinya sendiri. Jika errornya tidak fatal, namun di bawa ke tempat reparasi tentu membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, kita akan

berbagi sedikit pengalaman ketika printer HP error.

 

Penyebab dan Tanda akan Terjadi Error

Printer HP dengan jenis All in One memang terbilang cukup rewel, error pada printer disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab terjadinya error yang umum adalah

  1. Cartridge kotor

Pemakai sering kali kurang memperhatikan kebersihan printernya, sehingga membuat cartridge menjadi kotor terlebih dibagian PIN Connector tembaga. Jadi Anda harus membersihkan kotoran ataupun tinta-tinta yang menempel.

Siapkan kapas, tisu ataupun benda lembut lainnya, basahi dengan alkohol dengan kadar 70 % dan gosok tembaga secara perlahan sampai tinta yang menempel benar-benar hilang.

  1. Cartridge sudah mati

Kemungkinan besar error terjadi karena cartridge Anda sudah mati atau pensiun. Nah, untuk memastikan apakah cartridge masih bagus atau sudah rusak, Anda bisa menggunakan cartridge lain pada printer.

Bilamana printer HP error dapat berfungsi normal kembali dengan mengganti cartridge baru, maka dapat kita pastikan cartridge Anda sudah waktunya masuk museum dan harus mengganti dengan cartridge baru.

  1. Kerusakan rumah cartridge

Jika cartridge sudah di ganti dengan cartridge baru, tetapi printer masih menampilkan pesan error yang sama, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada rumah katrid, maka kerusakan ada pada carriage printer. Jadi untuk mengatasinya, Anda bisa menggantinya dengan cara kanibal atau membeli carriage baru.

  1. Printer minta reset

Ketika muncul pesan bahwa printer HP error jangan langsung membukanya, bisa jadi itu hanya karena printer minta untuk di reset, maka Anda cukup mereset printernya saja.

 

Tutorial Mereset Printer HP Error

Ketika terjadi error pada printer HP karena printer minta untuk di reset, maka dia memerlukan sedikit sentuhan lembut saja dan biasa kita sebut dengan reset. Lalu bagaimana cara untuk meresetnya? Ini pertanyaan yang sering dikatakan. Jadi kita akan memberi tutorial untuk mereset printer HP error.

  1. Memastikan tidak ada tinta menempel pada PIN connector tembaga atau catridge dalam kondisi yang bersih tanpa kotoran, bilamana ada sedikit kotoran berupa cipratan tinta segera hilangkan menggunakan alcohol 70 %.
  2. Selanjutnya nyalakan printer, maka printer akan menampilkan pesan E pada display dan ditandai dengan kedipan lampu warna orange.
  3. Tekan pada tombol power dan tombol yang terdapat lambang huruf X dengan warna merah, tekan kurang lebih 10 – 15 detik dan lepaskan ke 2 tombol secara bersamaan
  4. Printer HP error akan langsung mencetak dokumen, maka printer Anda sudah siap untuk digunakan kembali.

Itulah trik dan cara untuk mengatasi saat printer HP error yang disebabkan oleh beberapa faktor umum. Jadi ketika printer menampilkan pesan error pada display Anda tidak perlu panik, lakukan pengecekan dan penanganan di atas terlebih dahulu, bilamana printer tetap error baru serahkan kepada tenaga ahlinya